MASUK DENGAN AKUN

Gunakan username dan password akun anda untuk login.

LUPA PASSWORD?

Gunakan form dibawah ini untuk meminta perubahan password.

BELUM MEMILIKI AKUN?

Daftar disini jika anda belum memiliki akun.

TANYA KAMI SOAL PAJAK

Anda bingung dengan perhitungan pajak anda? Bingung menghadapi penerapan aturan pajak? Atau masalah-masalah pajak lainnya? Jangan khawatir, ajukan pertanyaan anda disini. Konsultan pajak professional kami akan membantu memberikan jawaban dan saran atas pertanyaan anda.

Hi John, apa yang bisa kami bantu hari ini?

Tulis kan pertanyaan kamu di bawah ini. Gunakan penulisan yang baik dan jelas untuk memudahkan kami mengerti kebutuhan anda.

TERIMA KASIH ATAS PERTANYAAN ANDA

Kami sudah menerima pertanyaan anda. Mohon bersabar, team kami akan mempelajari pertanyaan yang anda kirimkan, dan menghubungi anda kembali dengan jawaban atas pertanyaan anda.

Hubungi kami di +62.21.22604519 untuk respon cepat.

Aspek Pajak atas pembayaran Listing fee

Perusahaan kami bergerak dibidang consumer goods dan melakukan transaksi penjualan dengan Supermarket. Dari perjanjian kerjasama penjualan tersebut kami dibebankan biaya listing fee yaitu biaya pendaftaran produk didalam outlet supermarket. Yang mau ditanyakan apakah atas biaya listing fee itu dikenakan PPh Pasal 23. Dan selama ini biaya listing fee tersebut dibebankan sebagai biaya promosi didalam laporan keuangan perusahaan, Mohon penjelasannya dari bapak. Sebelumnya diucapkan terima kasih atas penjelasannya.

Tangerang

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami. Berdasarkan Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-undang Pajak Penghasilan diatur bahwa Besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap, ditentukan berdasarkan penghasilan bruto dikurangi ; biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan, termasuk biaya pembelian bahan, biaya berkenaan dengan pekerjaan atau jasa termasuk upah, gaji, honorarium, bonus, gratifikasi, dan tunjangan yang diberikan dalam bentuk uang, bunga, sewa, royalti, biaya perjalanan, biaya pengolahan limbah, premi asuransi, biaya administrasi, dan pajak kecuali Pajak Penghasilan. Dalam penjelasan ayat tersebut antara lain ditegaskan bahwa untuk dapat dibebankan sebagai biaya, pengeluaran-pengeluaran tersebut harus mempunyai hubungan langsung dengan usaha atau kegiatan untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan yang merupakan objek pajak.

Biaya listing/listing fee termasuk dalam biaya administrasi yang berhubungan langsung dengan kegiatan untuk mendapatkan, menagih dan memelihara suatu penghasilan, sehingga biaya listing/listing fee tersebut dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto bagi perusahaan ibu secara langsung menjual produknya di suatu toko/pasar modern tanpa melalui pihak lain dan membayar Listing Fee secara langsung kepada toko/pasar modern yang bersangkutan. Begitu pula dengan biaya brosur/mailer, menurut hemat kami, berhubungan langsung dengan kegiatan untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan. SehIngga dengan demikian, baik biaya listing maupun biaya brosur/mailer dapat dijadikan sebagai biaya pemasaran.

Terkait aspek pemotongan PPh Pasal 23. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-244/PMK.03/2008 perihal Jenis Jasa Lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 Ayat (1) huruf c angka 2 UU Pajak Penghasilan, bahwa atas pembayaran biaya listing fee tersebut bukan termasuk jenis jasa yang terutang PPh Pasal 23. Maka atas pembayaran listing fee tersebut kepada Supermarket tidak terutang PPh Pasal 23.

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

The Mansion Kemayoran.
Cluster Bougenville, Tower Fontana lantai 17 Zona 2 Ruang 17G2,
Jl. Trambesi Blok D. Komp Bandar Baru, Kemayoran. Jakarta Utara 14410

Phone. +62.21.22604519
Fax. +62.21.22604520

Copyright © 2016-2019, ATS Konsultama
Website by PandavaMedia