MASUK DENGAN AKUN

Gunakan username dan password akun anda untuk login.

LUPA PASSWORD?

Gunakan form dibawah ini untuk meminta perubahan password.

BELUM MEMILIKI AKUN?

Daftar disini jika anda belum memiliki akun.

TANYA KAMI SOAL PAJAK

Anda bingung dengan perhitungan pajak anda? Bingung menghadapi penerapan aturan pajak? Atau masalah-masalah pajak lainnya? Jangan khawatir, ajukan pertanyaan anda disini. Konsultan pajak professional kami akan membantu memberikan jawaban dan saran atas pertanyaan anda.

Hi John, apa yang bisa kami bantu hari ini?

Tulis kan pertanyaan kamu di bawah ini. Gunakan penulisan yang baik dan jelas untuk memudahkan kami mengerti kebutuhan anda.

TERIMA KASIH ATAS PERTANYAAN ANDA

Kami sudah menerima pertanyaan anda. Mohon bersabar, team kami akan mempelajari pertanyaan yang anda kirimkan, dan menghubungi anda kembali dengan jawaban atas pertanyaan anda.

Hubungi kami di +62.21.22604519 untuk respon cepat.

Membuat faktur pajak elektronik

Perusahaan saya sudah PKP dan setiap transaksi penjualan menerbitkan faktur pajak. Jadi pada saat awal juli lalu customer saya meminta kalau faktur pajak yang diterbitkan oleh perusahaan harus dalam bentuk e-faktur. Bagaimana caranya untuk membuat e-faktur itu karena saya masih awam soal pajak ? Mohon penjelasannya?.

Jakarta

Terima kasih atas pertanyan yang di sampaikan kepada kami, Jadi sesuai Pasal 1 ayat (1) PER-16/PJ/2014 tentang Tata Cara Pembuatan dan Pelaporan Faktur Pajak Berbentuk Elektronik disebutkan bahwa Faktur Pajak yang berbentuk elektronik, yang selanjutnya disebut e-Faktur, adalah Faktur Pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Jadi terhitung mulai 1 Juli 2015 untuk perusahan yang sudah dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) untuk wilayah Jawa dan Bali wajib menerbitkan faktur pajak elektronik. Sedangkan untuk wilayah Indonesia lainnya mulai 1 Juli 2016 semua PKP wajib menerbitkan faktur pajak elektronik.

Sebelumnya kami akan jelaskan langkah-langkah dalam membuat e-faktur atau faktur pajak elektronik adalah:

Langkah 1: Melengkapi Form dan Persyaratan

  1. Menyiapkan Surat Permohonan Sertifikat Elektronik
    Surat Permintaan Sertifikat Elektronik ditandatangani oleh pengurus PKP dan harus sesuai dengan nama yang tercantum pada SPT Tahunan PPh Badan Tahun Pajak Terakhir.

    Adapun Pengurus KPP wajib menunjukkan:
    Untuk WNI: KTP asli, Kartu Keluarga (KK) asli, beserta copy kedua dokumen tersebut
    Sedangkan WNA: Paspor asli, KITAS / KITAP asli, beserta copy kedua dokumen tersebut
    - Pas Foto WNI/WNA terbaru yang dsimpan kedalam CD,
    - Asli SPT Tahunan Badan & Bukti Penerimaan Surat atau Tanda Terima Pelaporan SPT untuk diperlihatkan.
  2. Menyiapkan Surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password
    Surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password harus diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh pengurus PKP.
    Format Surat Permohonan harus sesuai dengan Lampiran IA Peraturan Dirjen Pajak No. PER- 17/PJ/2014

Langkah 2: Menyampaikan surat permohonan sertifikat elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak (sesuai dengan tempat PKP terdaftar)
Pengurus PKP harus secara langsung menyampaikan surat Permohonan Sertifikat Elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak (petugas KPP tidak menerima Perwakilan pengurus PKP).
Namun apabila yang datang adalah perwakilan dari pengurus PKP maka Petugas Kantor Pajak meminta surat kuasa.

Mengenai Penerbitan surat penyetujuan atau penolakan Kode Aktivasi dan Password paling lama 3 (tiga) hari kerja. Dan Kode Aktivasi dikirim melalui pos ke alamat PKP,password dikirim melalui email ke alamat email PKP yang dicantumkan dalam surat permohonan Kode Aktivasi dan Password.

Langkah 3: Melakukan Aktivasi
Jadi PKP wajib membawa surat penyetujuan aktivasi dan password yang dikirim oleh Direktorat Jenderal Pajak beserta lembaran surat Permintaan Aktivasi Akun PKP ke Kantor Pelayanan Pajak.

Langkah 4: Mendapatkan nomor seri faktur pajak dengan mengakses e-Nofa
e-Nofa sebuah aplikasi untuk mendapatkan elektronik nomor seri faktur pajak yang akan digunakan pada e-Faktur. Jadi PKP bisa mendapatkan nomor seri faktur pajak dengan mengakses www.e-faktur.pajak.go.id dengan memasukkan username dan password yang sudah diberikan oleh Direktur Jenderal Pajak.

Langkah 5: Download Aplikasi e-Faktur Pajak
Jadi didalam aplikasi e-faktur yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak terdapat 2 aplikasi e-faktur untuk diinstal di komputer bapak untuk digunakan dalam membuat faktur pajak elektronik yaitu dengan Aplikasi e-Faktur  32 bit dan Aplikasi e-Faktur Windows 64 bit. Jadi apabila operating sistem komputer bapak menggunakan  32 bit maka yang diinstal aplikasi e-faktur 32 bit dan juga berlaku sebaliknya apabila operating sistem menggunakan 64 bit maka diinstal aplikasi e-faktur 64 bit.

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

The Mansion Kemayoran.
Cluster Bougenville, Tower Fontana lantai 17 Zona 2 Ruang 17G2,
Jl. Trambesi Blok D. Komp Bandar Baru, Kemayoran. Jakarta Utara 14410

Phone. +62.21.22604519
Fax. +62.21.22604520

Copyright © 2016-2019, ATS Konsultama
Website by PandavaMedia