MASUK DENGAN AKUN

Gunakan username dan password akun anda untuk login.

LUPA PASSWORD?

Gunakan form dibawah ini untuk meminta perubahan password.

BELUM MEMILIKI AKUN?

Daftar disini jika anda belum memiliki akun.

TANYA KAMI SOAL PAJAK

Anda bingung dengan perhitungan pajak anda? Bingung menghadapi penerapan aturan pajak? Atau masalah-masalah pajak lainnya? Jangan khawatir, ajukan pertanyaan anda disini. Konsultan pajak professional kami akan membantu memberikan jawaban dan saran atas pertanyaan anda.

Hi John, apa yang bisa kami bantu hari ini?

Tulis kan pertanyaan kamu di bawah ini. Gunakan penulisan yang baik dan jelas untuk memudahkan kami mengerti kebutuhan anda.

TERIMA KASIH ATAS PERTANYAAN ANDA

Kami sudah menerima pertanyaan anda. Mohon bersabar, team kami akan mempelajari pertanyaan yang anda kirimkan, dan menghubungi anda kembali dengan jawaban atas pertanyaan anda.

Hubungi kami di +62.21.22604519 untuk respon cepat.

Penggunaan rekening pribadi untuk transaksi keuangan perusahaan

Saya ingin tanya, saya bekerja sebagai staf keuangan di perusahaan startup. Saat perusahaan mulai beroperasi, mereka belum memiliki surat yang lengkap untuk membuka rekening bank atas nama perusahaan, dan meminta saya untuk membuka rekening pribadi untuk dipakai segala aktivitas keuangan (keluar-masuk uang). dan saat ini, saya akan resign dan rekening yang dipakai untuk kegiatan transaksi sudah saya tutup. pertanyaannya apakah pajak atas segala transaksi di rekening saya dibebankan kepada saya? dan bagaimana cara agar saya tidak dikenakan pajak atas segala transaksi yang terjadi di rekening saya itu?
Mohon bantuannya. Terima Kasih

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami, dari pertanyaan yang Ibu Lauren sampaikan tidak menjelaskan apakah usaha ibu berbentuk badan usaha atau berbentuk perorangan. Tapi disini kami menjelaskan apabila usaha ibu berbentuk badan hukum dalam hal ini PT maka pada prinsipnya PT (Perseroan Terbatas) merupakan Badan Hukum yang wujud atau entitasnya  terpisah dan berbeda dari pemiliknya dalam hal ini dari pemegang saham.  Jadi dalam hal ini terdapat pemisahan kekayaan PT dengan pemilik atau pemegang saham.

Mengenai penggunaan rekening bank perusahaan atas nama pribadi secara komersial dan fiskal, menurut pendapat kami sebaiknya  dihindari agar dapat dipisahkan antara Penerimaan dan Pengeluaran untuk kepentingan Perusahaan dan kepentingan pribadi karena apabila terjadi pemeriksaan pajak, auditor biasanya menjadikan rekening koran sebagai media untuk menelusuri hal-hal terkait dengan pengujian Arus Uang dan Arus Barang.

Pengujian Arus Uang dan Barang merupakan teknik pemeriksaan dalam rangka mendeteksi transaksi bisnis Perusahaan maupun transaksi pribadi dalam upaya pengujian kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan perusahaan.

Jika perusahaan ibu belum memiliki legalitas yang lengkap dan belum dapat membuka rekening bank atas nama perusahaan, maka menurut hemat kami sebaiknya dibuatkan perjanjian antara perusahaan dengan ibu sebagai pribadi dalam upaya memastikan bahwa rekening bank yang digunakan/dipinjam  tersebut semata-mata untuk kegiatan operasional perusahaan dan bukan kepentingan pribadi Ibu.

Selain itu, pemisahan ini antara transaksi pribadi ibu dengan transaksi perusahaan akan memudahkan dalam pencatatan/pembukuan sehingga semua pelaporan baik secara akuntansi maupun perpajakan dapat disajikan secara jelas dan benar.

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Pertanyaan diajukan melalui website ATS

The Mansion Kemayoran.
Cluster Bougenville, Tower Fontana lantai 17 Zona 2 Ruang 17G2,
Jl. Trambesi Blok D. Komp Bandar Baru, Kemayoran. Jakarta Utara 14410

Phone. +62.21.22604519
Fax. +62.21.22604520

Copyright © 2016-2019, ATS Konsultama
Website by PandavaMedia