MASUK DENGAN AKUN

Gunakan username dan password akun anda untuk login.

LUPA PASSWORD?

Gunakan form dibawah ini untuk meminta perubahan password.

BELUM MEMILIKI AKUN?

Daftar disini jika anda belum memiliki akun.

TANYA KAMI SOAL PAJAK

Anda bingung dengan perhitungan pajak anda? Bingung menghadapi penerapan aturan pajak? Atau masalah-masalah pajak lainnya? Jangan khawatir, ajukan pertanyaan anda disini. Konsultan pajak professional kami akan membantu memberikan jawaban dan saran atas pertanyaan anda.

Hi John, apa yang bisa kami bantu hari ini?

Tulis kan pertanyaan kamu di bawah ini. Gunakan penulisan yang baik dan jelas untuk memudahkan kami mengerti kebutuhan anda.

TERIMA KASIH ATAS PERTANYAAN ANDA

Kami sudah menerima pertanyaan anda. Mohon bersabar, team kami akan mempelajari pertanyaan yang anda kirimkan, dan menghubungi anda kembali dengan jawaban atas pertanyaan anda.

Hubungi kami di +62.21.22604519 untuk respon cepat.

Perlakukan perpajakan untuk Jasa atas nama wajib pajak Badan

Mohon bantuan Bpk/Ibu dengan persoalan saya dibawa ini, kebutulan tampat kerja saya bergerak dibidang jasa & retail, dan perlakuan perpajakan untuk retail atas nama Wajib Pajak Pribadi, sedangkan Perlakukan perpajakan untuk Jasa atas nama wajib pajak Badan, Nah kebutulan pada tahun 2017 kmrin kita membelikan sebidang tanah dan tanah itu dilapor dalam SPT Tahunan Orang pribadi, namun pada tahun 2018 dibangun bangunan berupa hotel dan direncanakan usaha hotelnya pelaporan perpajakannya dimasukan dalam perpajakan Badan.
Persoalannya.
1. Tanah dibeli oleh pemilik dan sudah dilporkan dalam spt wp orang pribadi pada tahun 2017
2. tanah itu dibangun usaha jasa perhotelan tpi atas nama PT/Badan
3. pertanyaannya, bagimana solusinya dan perlakukan perpajakannya..?? mohon bantuannya terimakasih....

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami, berdasarkan penjelasan bapak pada pertanyaan tersebut, kami akan mencoba menjawab dan menguraikannya antara lain :
  1. Jika pembangunan Hotel tersebut tidak terdapat pengalihan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan maka atas kepemilikan tanah tersebut, tetap dilaporkan dalam pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Pemilik dan dilain pihak, badan hukum (PT) hanya melaporkan kepemilikan atas bangunan saja. Namun, jika tanah telah dialihkan (terjadi penjualan) maka pelaporannya akan beralih kepada pihak PT (Badan Hukum);
  2. Konsekuensi perpajakan yang timbul dari kasus bapak, terutang Pajak Penghasilan atas persewaan tanah, sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2017 yaitu Besarnya Pajak Penghasilan atas persewaan tanah dikenakan PPh Pasal 4 ayat (2) sebesar 10% (sepuluh persen) dari jumlah bruto nilai persewaan tanah yang bersifat final;
  3. Kami sarankan Bapak dapat memperkuat kesepakatan ini melalui perjanjian atau kontrak dengan pihak terkait agar dapat mempermudah serta menjadi pegangan kelak dalam hal pertanggungjawaban dan pembuktian pada pihak otoritas perpajakan.
Adapun untuk nilai persewaan tanah tersebut berdasarkan nilai pasar sesuai wilayah setempat.

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Pertanyaan diajukan melalui website ATS

The Mansion Kemayoran.
Cluster Bougenville, Tower Fontana lantai 17 Zona 2 Ruang 17G2,
Jl. Trambesi Blok D. Komp Bandar Baru, Kemayoran. Jakarta Utara 14410

Phone. +62.21.22604519
Fax. +62.21.22604520

Copyright © 2016-2019, ATS Konsultama
Website by PandavaMedia