Warisan yang belum terbagi bagaimana PTKP-nya

Pertanyaan

Saya mau bertanya mengenai case seorang bapak telah meninggal dan telah cerai degan istrinya dan memiliki 3 anak yang masih kecil dan usaha dari bapak yang meninggal tsb dijalankan oleh saudara dari bapak yang meninggal tsb dan warisan nya belum dibagikan. jadi saya mau bertanya apakah ptkpnya masih ada tau ptkpnya nol ?

dan saya mau bertanya apakah SURAT EDARAN NOMOR SE-10/PJ.41/1996 TENTANG PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK (PTKP) BAGI SUBJEK PAJAK DALAM NEGERI BERBENTUK WARISAN YANG BELUM TERBAGI (SERI PPH UMUM NO. 27) masih berlaku?

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami, sehubungan perlakuan perpajakan atas warisan yang belum terbagi pada prinsipnya tetap akan sebagai subjek pajak, satu kesatuan menggantikan yang berhak sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat (1)  huruf  (a) angka (2) UU dan ayat (3) UU Pajak Penghasilan. Penegasan juga dikemukan dalam penjelasannya bahwa warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan merupakan subjek pajak pengganti, menggantikan mereka yang berhak yaitu ahli waris. Penunjukan warisan yang belum terbagi sebagai subjek pajak pengganti dimaksudkan agar pengenaan pajak atas penghasilan yang berasal dari warisan tersebut tetap dapat dilaksanakan.

Warisan yang belum terbagi dalam kedudukannya sebagai Subjek Pajak menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak dari Wajib Pajak orang pribadi yang meninggalkan warisan tersebut. Dengan demikian pelaporan SPT Tahunan PPh masih menggunakan NPWP almarhum mengingat NPWP tersebut belum diajukan penghapusan NPWP serta disampaikan dan ditandatangani oleh salah satu ahli waris. Adapun Pengajuan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dapat diajukan oleh oleh Wajib Pajak dan/atau ahli warisnya apabila Wajib Pajak sudah tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Selanjutnya, Apakah besaran besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) almarhum tetap sama atau berbeda saat menghitung PPh terutang? Tentunya tetap sama sebagaimana diatur dalam Pasal 7 ayat (2) UU PPh (UU Nomor 36 tahun 2008) yaitu menurut keadaan Wajib Pajak pada awal tahun pajak atau pada awal bagian tahun pajak.

Bagaimana dengan kedudukan surat edaran SE-10/PJ.41/1996 tentang PTKP bagi Subjek Pajak  Dalam Negeri Berupa Warisan Belum Terbagi? Apakah masih berlaku? Surat Edaran tersebut masih berlaku yang menjelaskan bahwa Penghasilan dari Warisan yang belum terbagi pada prinsipnya merupakan hak dan dapat dibagikan kepada para ahli Waris yang berhak, dan penghasilan tersebut harus digunggungkan dengan penghasilan lainnya yang diterima atau diperoleh masing-masing ahli Waris. Oleh karena dalam menghitung penghasilan Kena Pajak masing-masing ahli Waris telah memperoleh pengurangan berupa PTKP, maka dalam menghitung Penghasilan Kena Pajak atas penghasilan yang berasal dari Warisan yang belum terbagi tidak diberikan pengurangan berupa PTKP.
 
Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.